Pages

Monday, August 27, 2018

Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Indonesia Diminta Tetap Patuhi Peraturan

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah berulang kali mengingatkan jemaah haji untuk mematuhi aturan penerbangan agar kepulangan berjalan lancar di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Hal ini berkaitan dengan pembongkaran yang dilakukan saat tiba di bandara lantaran masih banyak jemaah haji yang membawa barang-barang melebihi ketentuan, hingga akhirnya barang-barang jemaah haji tercecer.

"Jemaah sudah diingatkan untuk tidak membawa bawaan tambahan sebelumnya, tapi ternyata masih banyak yang tak mematuhi," ujar pelaksana Seksi Perlindungan Jemaah Daker Bandara, Ubaidillah yang memantau pemeriksaan barang-barang, seperti dikutip dari laman www.kemenag.go.id, Selasa (28/8/2018).

Ia mengatakan, barang-barang tercecer dari jemaah haji akan disisir petugas Indonesia dan didata misalkan ada temuan barang-barang berharga. Temuan itu, kata Ubaidillah, nantinya dikumpulkan dan diserahkan ke Daker Bandara untuk diinventarisir.

Sementara itu, Chief Leader Saudia di Bandara King Abdul Aziz, M Yusuf Sunardi mengatakan, jemaah hanya boleh membawa koper bagasi seberat 32 kilogram yang diangkut pihak kargo dari hotel di Makkah.

"Sedangkan untuk dibawa ke pesawat, mereka hanya dibolehkan membawa tas jinjing seberat tujuh kilogram dan tas kecil berisi paspor dan surat berharga," ucap Yusuf.

Menurutnya, air zamzam juga tak boleh dibawa jemaah haji di koper bagasi karena membahayakan penerbangan. Jika terjadi kebocoran di bagasi, kata Yusuf, air bisa membuat korsleting sistem kelistrikan mesin pesawat.

"Sebab itu, pihak maskapai akan membagikan zamzam ke jemaah di debarkasi di Tanah Air," jelas Yusuf.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Semangat ibadah haji jemaah tak surut kendati sebelumnya dihantam badai pasir dan hujan deras.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2MWcj0M

No comments:

Post a Comment