Pages

Thursday, December 6, 2018

2019, BTN Targetkan Pembiayaan Perumahan Capai 850 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap menjadi integrator dalam menggerakkan sektor riil melalui pembiayaan perumahan di Indonesia. Selan itu, BTN juga mengambil peran dalam penyediaan rumah terjangkau bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan, pihaknya telah menjadi pemimpin pangsa pasar untuk pembiayaan perumahan. Sejak 1976, BTN telah menyalurkan pembiayaan ke sektor perumahan. Dengan penyaluran pembiayaan itu telah membangun 4,2 juta rumah yang mendapat dukungan pembiayaan dari BTN.

"Kami telah menjadi market leader untuk bisnis pembiayaan perumahan (KPR). Bahkan untuk KPR Bersubsidi kita mencapai 94 persen," katanya Maryono dalam keterangannya, Kamis (6/12/2018).

Menurut Maryono, pada tahun ini BTN memiliki target pembiayaan perumahan mencapai 750 ribu rumah. Pihaknya optimistis hal itu tercapai, sehingga akan ditingkatkan menjadi 850 ribu pada 2019. 

"Kebutuhan akan perumahan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan kelas menengah. Dan untuk itu peran para pengembang terus dibutuhkan," ujar dia.

Pemerintah, tambah Maryono, saat ini memiliki Program Satu Juta Rumah guna memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat yang terus bertumbuh. 

BTN sebagai salah satu pendukung dari keseluruhan ekosistem industri perumahan membantu dari sisi pembiayaan, para pengembang membantu dari sisi penyediaan pasokan.  Pemerintah pusat membantu dari sisi kebijakan dan pengalokasian subsidi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR). 

"Penyediaan perumahan tidak hanya urusan bank sebagai penyedia pembiayaan atau pengembang sebagai supplier. Tapi itu juga butuh peran pemerintah  pusat dan daerah untuk menyediakan iklim usaha yang kondusif dengan perijinan yang ramah," urainya. 

Selain dalam upaya terus meningkatkan penyaluran KPR, BTN terus mengembangkan potensi pasar yang ada dengan bergerak ke area digital. Bahkan untuk melayani segmen milenial, perseroan juga telah meluncurkan KPR milenial.

"Keterjangkauan BTN melalui outlet laku pandai, digital banking serta kerjasama dengan stakeholder  tentunya akan memperkuat sumber pembiayaan," ujar dia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2QzyGeo

No comments:

Post a Comment