Pages

Saturday, December 29, 2018

5 Tokoh Dunia Ini Pernah Jadi Saksi Keganasan Gelombang Tsunami

Liputan6.com, Phuket - Tsunami adalah gelombang raksasa yang mampu menyapu daratan di pesisir pantai dan berpotensi menewaskan banyak orang.

Pada tahun 2018 ini Indonesia mengalami dua tsunami. Pertama, pada Jumat 28 September di Palu dan Donggala. Setidaknya 2.113 orang meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. 

Kemudian, pada Sabtu 22 Desember 2018, tsunami menghantam sejumlah wilayah pesisir Selat Sunda, di Banten dan Lampung. 

Tsunami yang datang tanpa peringatan di pesisir Selat Sunda tak hanya menewaskan 426 orang, melukai lebih dari 1.000 manusia, tapi juga mengakhiri karier komedian Aa Jimmy dan hanya menyisakan satu anggota grup band Seventeen -- yang sedang berada di panggung saat gelombang deras menerjang. 

Nusantara punya sejarah panjang tsunami, terutama di Aceh pada 2004 lalu. Pun dengan negara-negara lain yang berada di Cincin Api Pasifik atau Pacific's Ring of Fire. 

Kala gelombang gergasi datang, ia tak memilah-milah korban. Siapapun yang berada dalam jangkauannya akan diterjang dan direngkuh menuju laut. Ada yang lolos, namun banyak juga yang tak berdaya melawan kekuatan alam yang luar biasa dahsyat. 

Sejumlah tokoh dunia pernah menjadi saksi keganasan tsunami di pesisir Samudera Hindia yang pernah terjadi di pada tahun 2004 lalu. Bahkan ada yang masuk dalam daftar korban jiwa.

Seperti dikutip dari laman The Sydney Morning Herald, Sabtu (29/12/2018), berikut 5 tokoh terkenal yang pernah menjadi saksi keganasan tsunami:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tsunami Selat Sunda datang dalam senyap. Tak didahului gempa sebagaimana fenomena bencana tsunami yang diketahui awam, bencana ini menelan korban hingga lebih dari 400 jiwa.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2EWgnum

No comments:

Post a Comment