Pages

Saturday, October 20, 2018

TKN: Bukan Hanya Jokowi yang Diwarisi Pelanggaran HAM Masa Lalu

Liputan6.com, Jakarta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai masih terdapat kasus pelanggaran HAM, khususnya intoleransi dan pelanggaran atas hak kebebasan berekspresi, yang belum diselesaikan Jokowi-Jusuf Kalla, setelah 4 tahun memerintah.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani mengatakan, bukan hanya pemerintahan Jokowi saja yang diwarisi masalah HAM masa lalu tersebut.

"Kita semua tahu, bukan hanya Pemerintahan Jokowi, tapi sebelumnya juga diwarisi pelanggaran HAM di masa lalu," ucap Arsul di Posko Cemara, Jakarta, Sabtu (20/10/2018).

Dia menggarisbawahi, kenapa banyak kasus yang terselesaikan, lantaran kasus pelanggaran HAM itu tidak gampang diselesaikan.

"Artinya faktual, prosesnya terhambat, tersendat, tidak maju, dan lain-lain," kata Arsul.

Pria yang duduk sebagai anggota Komisi III DPR RI ini, menuturkan, soal penegakan HAM itu bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Pasalnya, para aparat keamanan, yang biasanya bersangkutan dengan ini, tak bisa kerja dengan diintervensi.

"Terkait dengan pelanggaran HAM masa lalu itu kan persoalannya tidak bisa disalahkan hanya pada Jokowi saja. Di sana ada persoalan dengan Komnas HAM, Jaksa Agung dan DPR. Jadi tidak bisa diselesaikan begitu saja," ungkap Arsul.

Meski demikian, Sekretaris Jenderal PPP ini mengatakan, pihaknya tetap sepakat ini harus menjadi atensi khusus. Terlebih di sisa satu tahun terakhir ini.

"Kami sepakat bahwa ini tetap harus menjadi atensi. Dan kita berharap bahwa di sisa satu tahun terakhir masa pemerintahan Jokowi ini, ada atensi khusus akan hal itu," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2CulsrQ

No comments:

Post a Comment